Selasa, 28 Februari 2012

Tips untuk Meningkatkan Energi Anda


Pada skala 1 sampai 10, berapa tingkat energi anda dalam kegiatan sehari-hari?

Bagi banyak ibu, karena peran ganda mereka, dapat terjadi tingkat energi sering merosot sehingga mereka mudah marah, kelelahan dan kewalahan. Jika anda merasa terkuras dan kecapaian, kemampuan anda mengatasi masalah juga akan terkena dampaknya. Ketika kita merasa paling nyaman, jauh lebih mudah untuk menghadapi berbagai tantangan sehari-hari.
Jadi bagaimana kita dapat menyisihkan waktu di sela-sela kesibukan kita untuk menjaga energi tetap tinggi dan kemampuan maksimal untuk mengatasi masalah?
Berikut ini lima tips sederhana yang akan meningkatkan energi anda:
1.  Isi tangki bahan bakar anda dengan optimal
Nutrisi memegang peran penting untuk energi namun banyak orang tetap mengambil pilihan yang tidak sehat. Sering mengkonsumsi makanan bergizi dengan porsi lebih kecil adalah cara terbaik untuk menjaga tingkat energi dan kestabilan mood anda. Makanlah setiap 2 hingga 3 jam sekali dimulai dengan sarapan yang bergizi. Perbanyak buah-buahan, sayuran dan serat dan kurangi makanan tinggi gula dan lemak. Jaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan menambah minum air putih menjadi 6-8 gelas per hari.

2.  Cukup tidur
Bagi para ibu, tergantung usia buah hati mereka, tidur sering tidak dapat diprediksi dan tidak konsisten. Anda tetap membutuhkan tidur yang baik untuk memenuhi kebutuhan harian anda. Untuk itu, tidurlah sebentar-sebentar yaitu selama kurang dari 30 menit beberapa kali untuk mencukupi tidur anda. Jika anda bangun pada pagi hari dan merasa lelah, pergilah tidur lebih awal nanti malam. Lakukan  ritual relaksasi sebelum tidur yang membuat anda santai dan membantu anda tidur. Misalnya, mandi air hangat, minum teh herbal atau membaca buku selama 15 menit.

3.  Olah raga
Jika anda tidak berolah raga, anda kehilangan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan anda secara dramatis. Mulailah dengan  latihan kecil seperti berjalan selama 15 hingga 20 menit. Olah raga dapat meningkatkan mood dan energi anda dengan segera. Jangan berolah raga menjelang waktu tidur, karena akan menyebabkan anda sulit tidur.

4.  Mengurangi kegiatan
Tanyakan pada diri anda apakah ada kegiatan yang dapat anda kurangi atau hilangkan. Sering kali kita terlibat dalam kegiatan yang membuat kita stres dan menyebabkan energi terkuras. Dapatkah anda menghilangkan kegiatan seperti itu? Dapatkan anda mengurangi tanggung jawab yang anda pegang saat ini baik di tempat kerja atau di rumah? Dapatkah anda minta bantuan orang lain? Bila suatu kegiatan lebih banyak menyusahkan daripada menyenangkan, mungkin sudah waktunya anda mempertimbangkan untuk melakukan perubahan.

5.  Luangkan waktu untuk relaksasi
Karena kesibukan anda, tak ada yang lebih penting meluangkan waktu untuk relaksasi dan peremajaan diri. Itu mungkin adalah mengobrol dengan teman yang dapat meningkatkan energi anda, berjalan selama 30 menit di taman atau latihan dengan menarik nafas panjang sebelum memulai hari anda. Anda akan tahu dari apa yang anda rasakan, aktivitas mana yang meningkatkan energi dan semangat anda. Lakukanlah secara rutin.
Banyak dari hal-hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan anda adalah menyangkut pilihan dan keputusan yang kita lakukan sehari-hari. Ambillah keputusan hari ini untuk menjalani hidup yang terbaik untuk anda. Tidak semua hal bisa menunggu sampai esok, atau sampai anak anda sudah lebih besar atau bila anda punya lebih banyak waktu luang atau anda berganti pekerjaan. Hidup kita diputuskan sekarang. Pilihlah dengan bijaksana. 
◄ Newer Post Older Post ►