Kamis, 27 September 2012

Cara membuat Tempe Tahap Demi Tahap

Cara membuat Tempe Tahap Demi Tahap - Tempe merupakan makanan tradisional fermentasi kacang kedelai dengan ragi. Kata tempe sendiri ditemukan di manuskrip Centini pada tahun 1875.

Prose permentasi ragi pada kacang kedelai akan membuat gizi yang terkandung akan mudah diserap dan dicerna oleh tubuh manusia dibandingkan dengan kacang kedelai.

Kacang kedelai memiliki kandungan gizi Protein 35-35%, Lemak 18-32%, Karbohidrat 12-30%.  Air 7% sehingga sangat dibutuhkan oleh manusia.

Walaupun kandungan gizinya tinggi bukan berarti harga tempe mahal, sehingga tempe sangat membantu orang yang memilki ekonomi lemah untuk memenuhi kebutuhan Gijinya.

Salah satu faktor yang membuat Harga tempe murah adalah proses cara pembuatannya yang gampang, mahkan setiap orangg dapat membuat tempe untuk konsumsi sendiri.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat tempe, Blog PIB akan membagi informasi cara membuat tempe tahap demi tahap kepada anda sekalian. yang kami rilis dari Blog sekedar tahu. Berikut caranya :

Langkah Pertama,

Siapkan Kacang kedelai yang sudah bagus kemudian direbus dalam kuali selama kurang lebih 1 jam sampai matang, (hal ini dimaksudkan agar kedelai menjadi lembek dan lunak, sehingga memudahkan dalam proses penggilingan). Kedelai yang sudah matang direbus, ukuranya menjadi lebih besar karena melar.

Langkah Kedua

Setelah itu, kedelai digiling dengan mesin giling, Hal ini bertujuan agar biji kedelai bisa pecah menjadi dua. Proses penggilingan ini bisa menggunakan mesin penggiling atau dengan menggunakan alat giling tradisional (di tempat tetangga saya mesin gilingnya maih menggunakan mesin giling tradisional yang dibuat dari batu, jika tidak ada, dalam jumlah sedikit kita dapat meremes-remasnya sampai kulitnya terkupas.

Langkah Ketiga

Jika sudah, saring dan cuci kedelai hasil gilingan, ini bertujuan untuk menghilangkan kulit tipis kedelai. cara pencucianya dengan menggunakan saringan nampan berbentuk kerucut. Atau nampan apa saja, yang penting berlubang

Langkah kelima,

Jika sudah, Dinginkan kedelai dengan cara meletakkanya di atas eblek (nampan lebar berbetuk lingkaran), jika sudah agak dingin, taburkan ragi tempe dan aduk secara merata.

Langkah keenam,

Bungkus kedelai dengan menggunakan daun atau plastik (Untuk pembungkusan dengan menggunakan plastik pastikan plastik sudah diberi lubang lubang kecil).

Langkah ketujuh,

Simpan ditempat gelap, selama 2-3 hari. Sudah siap dikonsumsi atau dipasarkan..
 
(http://sekedar-tahu.blogspot.com)

Demikianlah informasi cara membuat tempe tahap demi tahap yang dapat kami sampaikan kepada anda para pengunjung setia Blog PIB, semoga bermanfaat, Mari lestarikan dan kembangkan makanan Indonesia. Sekian dan terimakasih.

◄ Newer Post Older Post ►